Memanggil Halaman Lain dengan PHP


Bagi yang sudah mengenal dan menggunakan HTML, maka berpindah ke halaman lain pada web tidak akan menjadi masalah. Hal ini mudah dipahami, karena berpindah halaman antar HTML merupakan hal yang lazim dilakukan. Di sini dikatakan lazim karena bahasa lain sekalipun akan menggunakan perintah HTML untuk melakukan perpindahan halaman.

<a href=”halaman_yang_dituju.html”>Link</a>

Pada umumnya, PHP pun akan menggunakan cara yang sama, yakni mencetak tag html yang sesuai. Namun, dalam web dinamis, cara ini dianggap tidak efektif. Hal ini wajar mengingat cara demikian menuntut pembuatan file html sejumlah halaman yang diperlukan. Untuk itu, dalam pembuatan web yang dinamis, terdapat cara lain yang dilakukan, yakni menggunakan perintah “include” dan “require” pada php. Berikut contohnya:

<?php
require_once(“global.class.php”);
require(“header.php”);
include_once(“head_body”);
if(isset($_GET['page']))
{
$page=$_GET['page'];
if($page==1)
include(“home.php”);
elseif($page==2)
include(“profil.php”);
else
include(“under_construction.php”);
}

include_once(“footer.php”);
?>

Dari contoh tersebut dapat dilihat bahwa terdapat beberapa variasi perintah include dan require. Adapun fungsi keduanya hampir serupa, yakni memasukkan file line sebagai bagian dari halaman tempat pemanggilan. Dengan contoh di atas, maka dapat dilihat halaman header.php, home.php, profil.php dan halaman-halaman lainnya akan disertakan sebagai bagian dari halaman utama. Dengan cara ini, maka bagian-bagian halaman yang cenderung tetap dapat dibuatkan sebagai satu file terpisah.

Terkait dengan perintah yang digunakan pada contoh di atas, berikut penjelasannya:

  1. Require(nama_file). Perintah ini berfungsi untuk memasukkan file yang diberikan sebagai parameter. Jika file gagal dimasukkan maka php akan memberikan error.
  2. Require_once(nama_file). Perintah ini berfungsi untuk memasukkan file yang diberikan sebagai parameter. Perbedaan antara perintah require dan require_once terletak pada seberapa banyak file tersebut akan dimasukan. Require_once akan memasukkan file yang ditentukan hanya sebanyak sekali, artinya jika terjadi pemanggilan sebanyak dua kali, maka pemanggilan yang kedua akan diacuhkan. Sebagai tambahan, sama halnya dengan require, jika file gagal dimasukan maka php akan memberikan error.
  3. Include(nama_file). Perintah ini berfungsi untuk memasukan file yang diberikan sebagai parameter. Jika file gagal dimasukkan maka php tidak akan memberikan error.
  4. Require_once(nama_file). Perintah ini berfungsi untuk memasukkan file yang diberikan sebagai parameter. Perbedaan antara perintah include dan include_once terletak pada seberapa banyak file tersebut akan dimasukkan. Include_once akan memasukkan file yang ditentukan hanya sebanyak sekali, artinya jika terjadi pemanggilan sebanyak dua kali, maka pemanggilan yang kedua akan diacuhkan. Sebagai tambahan, sama halnya dengan include, jika file gagal dimasukan maka php tidak akan memberikan error.
About these ads

7 thoughts on “Memanggil Halaman Lain dengan PHP

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s